Beranda Kepri Anambas Butuh Proses Menjadi Nelayan Profesional

Butuh Proses Menjadi Nelayan Profesional

64
0
Sekretaris Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Zarrin Mastur ketika ditemui Ignnews.id

Ignnews.id,Anambas-Hasil produksi perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) belum mengalami kenaikan yang signifikan akibat dari salah satu faktor yakni mayoritas nelayan anambas masih menangkap ikan menggunakan pancing ulur.

“Ada sejumlah sektor dalam perikanan yakni perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Bahkan Tempat Lelang Ikan (TPI) masih belum tersedia sesuai dengan standar,” ungkap Zarrin Mastur, selaku Sekretaris Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas sekaligus Plh Kepala DP3 KKA ketika ditemui Ignnews.id, Kamis (1/10/2020).

Kendala bagi nelayan anambas dalam melakukan aktivitas sebagai nelayan sejauh ini masih menggunakan alat tangkap secara manual yakni alat pancing ulur. Untuk meningkatkan pendapatan mestinya nelayan harus menyediakan peralatan tangkap yang canggih dan itu juga butuh tenaga kerja yang handal.

Baca Juga:  Hore...,Warga Sunda Kota Tanjungpinang Memiliki Sanggar

“Kita berharap nelayan anambas bisa memiliki kapal kapasitas besar dan menggunakan alat tangkap yang canggih menyesuaikan peraturan yang berlaku,” sebut dia.

Ia katakan, terkait sosialisasi pihaknya terus melakukannya. Namun untuk mewujudkan menjadi nelayan tangkap yang lebih profesional butuh waktu dan alat tangkap yang canggih pula.

“Pengelolaan ikan itu diperlukan keahlian yang teruji juga. Metode menangkap ikan juga perlu tenaga yang handal agar hasil tangkap ikannya memadai,” sebutnya.

Tambahnya, pihaknya hanya bisa menitikberatkan terhadap pembinaan dan menciptakan kondisi yang kondusif serta menjadikan masyarakat yang lebih berperan aktif terhadap pembangunan anambas kedepannya lebih baik.

Baca Juga:  Bupati dan Wabup Tinjau Pembagian BST

“Selain itu kita menjalankan tugas yakni
meningkatkan efisiensi, produktivitas usaha, penguasaan dan
pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi, serta meningkatkan
kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Lanjutnya, ia yakin nelayan anambas kedepannya akan menjadi nelayan yang lebih profesional dan bisa meningkatkan hasil tangkapannya.

“Nelayan Budidaya juga cukup baik untuk jenis usaha dan bahkan usaha nelayan yang saat ini sudah mulai dilirik oleh sejumlah nelayan anambas yakni menangkap jenis ikan menggunakan alat tangkap Bagan,” pungkasnya. (Rn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here