Beranda Headline Intensitas Hujan Menurun Sepekan Kedepan

Intensitas Hujan Menurun Sepekan Kedepan

19
0
Gedung Kantor BMKG Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Tanjungpinang-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Raja Haji Fisabillilah Tanjungpinang merilis prospek cuaca satu minggu kedepan Pulau Bintan pada umumnya masih akan didominasi dengan hujan intensitas ringan hingga sedang

Prakirawan BMKG, Khalid mengatakan, jika ditinjau berdasarkan pengaruh fenomena cuaca skala regional berupa adanya wilayah belokan angin (shearline) sekitar wilayah Kepulauan Riau.

Sehingga mengakibatkan adanya perlambatan kecepatan angin dan memicu pertumbuhan awan konvektif yang menghasilkan hujan untuk didaerah pulau Bintan.

“Seminggu kedepan kemungkinan besar hujan yang mengguyur Kota Tanjungpinang tidak setiap hari seperti sebelumnya,” jelas Khalid ketika ditemui wartawan, Senin (28/9/2020).

Baca Juga:  RPJMD 2021-2025 Untuk Kepala Daerah Terpilih

Kata dia, hal ini berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global (ENSO, IOD, dan SST) relatif signifikan berdampak terhadap kondisi cuaca di Pulau Bintan.

Ia menyebutkan prospek cuaca pada 28 September 2020 Pulau Bintan cerah berawan sepanjang hari. 29 September 2020 Berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang pada siang hari .

Selanjutnya, 30 September 2020 berpotensi hujan lokal pada siang hari. 1 Oktober berawan sepanjang hari.
Kemudian pada 2 Oktober pulaun Bintan cerah berawan sepanjang hari.

Baca Juga:  Berpergian Harus Miliki Surat Sakti Dimasa Pandemi Covid-19

“Memang pada minggu ini intensitas hujan sudah mulai berkurang, jika hujan pun kemungkinan tidak setiap hari, palingan terjadi pada tanggal 29, 30 dan 3 Oktober saja dengan intensitas ringan -sedang,” ucap dia. (Fr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here