Beranda Kepri Anambas Kapal KKP Gelar Patroli Setelah Nelayan Demo

Kapal KKP Gelar Patroli Setelah Nelayan Demo

83
0
Salah satu kapal nelayan yang diperiksa saat gelar Patroli dari Kapal KKP di perairan laut Anambas. (foto Istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Bupati Kepulauan Anambas meminta kepada Direktur Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan tentang penempatan kapal pengawas perikanan di Anambas.

Surat itu telah dilayangkan setelah adanya unjuk rasa yang digelar, Kamis (3/5/2020) tentang marak beroperasinya Kapal Ikan Asing (KIA), kapal pukat mayang (purse siene) dan kapal cantrang dilaut kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Nelayan KKA diketahui mayoritas masih menggunakan alat tangkap pancing ulur (tradisional). Tentu hal itu akan sulit untuk menandingi para nelayan tersebut dan sudah pasti akan berdampak terhadap penurunan perekonomian masyarakat nelayan lokal di KKA.

Baca Juga:  Besok Pesawat Mendarat Di Bandara Letung, Benarkah?

“Menyikapi persoalan kami Pemda KKA, DPRD, cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, HNSI dan perwakilan kelompok nelayan dari seluruh kecamatan dengan didampingi instansi vertikal terkait, melakukan inveksi dengan mendatangani beberapa kapal Purse Siene yang berlabuh dilaut anambas guna mengecek kelengkapan dokumen dan alat tangkap yang mereka gunakan. Didapati bahwa mata jaring yang digunakan menurut kami masih terlalu kecil dan ikan yang ditangkap tergolong anak-anak ikan,” kata Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris melalui Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Kelautan KKA, Effi Sjuhairi kepada wartawan, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga:  Pelantar Kayu Dusun Sedak Roboh, Kenapa?

Lanjutnya, pihak Pemda KKA berharap kepada Dirjen PSDKP dan KKP RI dapat menempatkan armada kapal Pengawas Perikanan dan Kelautan di anambas agar senantiasa melakukan pengawasan, pemantauan dan monitoring terhadap kegiatan pelanggaran fishing.

“Alhamdulilah, kapal patroli bersama kapal pengawas Hiu 003 milik Kementerian Kelautan Perikanan tiba di Anambas dan telah melakukan operasi dilaut. Kegiatan berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terang dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here