Kukuhkan Satgas Kebersihan RW, Roby Berharap Tak Ada Masalah Sampah Tak Diangkut Berhari-Hari

Roby Kurniawan saat menyerahkan SK Satgas RW untuk peningkatan kebersihan lingkungan di Bintan, Selasa (8/8/2023)
banner 120x600

BINTAN – Bupati Bintan Roby Kurniawan mengukuhkan Satuan Petugas (Satgas) Kebersihan Rukun Warga (RW) di seluruh wilayah di Kabupaten Bintan. Adanya satgas tersebut diharapkan dapat meminimalisir permasalahan sampah yang ada di setiap wilayah.

Sebanyak 340 dikukuhkan dalam kegiatan tersebut. Nantinya mereka akan menjadi agen penanganan sampah di pemukiman untuk skala RW. Satgas ini selain melakukan pengelolaan sampah, juga akan melakukan edukasi di masyarakat mengenai penanganan sampah yang tepat dan memberikan dampak ekonomi.

“Satgas ini akan bertugas melakukan pengelolaan sampah. Tentunya nanti tidak ada lagi keluhan masyarakat soal sampah tidak diangkut hampir seminggu. Juga nanti akan ada penanganan sampah untuk memilah yang organik maupun non organik,” jelasnya.

Nantinya juga, kata Roby, Satgas tersebut akan mengedepankan bank sampah dalam pengelolaan sampah. Hal tersebut tentunya selain sebagian masalah sampah tertangani, adanya bank sampah akan memberikan nilai ekonomis bagi warga.

“Selama ini sampah banyak terbuang begitu saja, kalau dikelola dengan baik, maka akan menjadi nilai ekonomis, termasuk juga sampah organik yang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk,” ungkapnya.

Dalam momen tersebut Bupati Roby meminta kepada seluruh personil ditingkat RW agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hal ini demi tercapainya target yang telah direncanakan.

“Saya berharap kehadiran Satgas RW mampu mejadi contoh dan teladan bagi masyarakat sekitar, tidak hanya dalam persoalan sampah akan tetapi dalam persoalan lingkungan lainnya” kata Roby dalam sambutannya.

Roby juga menyebut bahwa seluruh Satgas adalah pahlawan lingkungan yang tentunya akan menjadi barometer tersendiri untuk menjaga kelestarian lingkungan dari sini pula Bupati Roby optomis bahwa persoalan kebersihan di Kabupaten Bintan dapat ditangani secara maksimal.

“Bapak Ibu semua adalah pahlawan lingkungan. Mulai dari kita masing-masing, kemudian merambat kepada semua orang yang ada di lingkungan kita” tambahnya.

Harapan terakhir yang disampaikan agar pengukuhan hari ini bukanlah seremoni belaka, melainkan menjadi awal kesadaan serta keseriusan dalam menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *