Lingga  

Masyarakat Diminta Berhati Hati Gunakan KTP Asli Menjelang Pileg 2024

banner 120x600

IGNNEWS.ID, LINGGA- Mantan anggota DPRD Lingga, Rudi Purwonugroho,  mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga, untuk tidak memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli kepada oknum tertentu dengan alasan pendataan dukungan untuk salah satu kandidat anggota DPRD Lingga yang akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2024, mendatang.

Permintaan KTP tersebut dikhawatirkan bakal disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalkan disalahgunakan untuk mendapatkan Pinjaman Online (Pinjol) atau tindakan kriminal lainnya. “Kami mengingatkan masyarakat khususnya para pendukung kandidat Calon Legislatif (Caleg) untuk tidak menyerahkan KTP asli karena rentan disalahgunakan,” kata Rudi Purwonugroho, Senin (12/06/2023).

Instansi terkait diminta dapat melakukan pengawasan terhadap kegiatan pengumpulan KTP dan KK warga. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal hal yang dapat merugikan masyarakat.

“Ada informasi masyarakat diminta menyerahkan KTP sebagai bentuk dukungan. Kalau memang ada pihak tertentu yang memaksa untuk meminta KTP asli maka itu bisa dituntut sebagai tindak pidana,” tegas Rudi.

Rudi berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lingga dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga dokumen administrasi masyarakat. “Disdukcapil harus segera memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Jangan sampai ada korban baru ada tindakan. Kasihan masyarakat kita,” imbuhnya. (tengku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *