Beranda Daerah Pemdes Sunggak Gelar Pelatihan Bumdes

Pemdes Sunggak Gelar Pelatihan Bumdes

96
0
Foto bersama pengurus Bumdes yang terbentuk, narasumber dan Pemerintah Desa Sunggak Kecamatan Jemaja Barat Kabupaten Kepulauan Anambas (foto Istimewa)

Ignnews.id,Jemaja Barat-Pemerintah Desa Sunggak, Kecamatan Jemaja Barat, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengurus dan usaha milik desa Bumdes Desa Sunggak, Rabu (15/7/2020) di Balai desa.

Sejak tahun 2018 pengurus Bumdes telah dibentuk, namun akibat keterbatasan anggaran penanaman modal maka kepengurusan Bumdes saat itu tidak berjalan secara maksimal.

“Minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pemicu lemahnya roda kepengurusan Bumdes ketika itu mengalami hambatan. Kita inginkan Bumdes bisa berkreatif lebih dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Musmulyadi selaku Kepala Desa Sunggak Kecamatan Jemaja Barat ketika ditemui Ignnews.id, Minggu (19/7/2020).

Baca Juga:  Alhamdulilah, Jemaja Timur Sinyal 4G Telah Mengudara

Kata dia, ketika kegiatan pembentukan Bumdes pada tahun 2020 dihadiri oleh tenaga pendamping desa pemberdayaan Kementerian desa Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Mereka hadir sekaligus sebagai narasumber dikegiatan tersebut.

“Pembentukan kali ini kita lakukan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengurus Bumdes,” terang dia.

Lanjutnya, pada tahun 2021 pihak Desa Sunggak akan memberikan penyertaan modal terhadap Bumdes Sunggak, melalui APBDes. Hal itu sebagai dorongan agar pihak desa akan memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes) dan masyarakat bisa ikut serta membangun desa melalui Bumdes.

Baca Juga:  APDESI Gelar Rapat Di Jemaja, Ada Apa?

“Tahun ini kita berikan pelatihan dulu, tahun depan kita akan kita anggarkan melalui APBDes. Agar masyarakat bisa ikut membangun desa melalui Bumdes,” janji dia.

Ia menambahkan, dengan telah dibentuk Bumdes ini dirinya berharap untuk tahun 2021 semua program yang dicanangkan bisa di wujudkan melalui anggaran penyertaan modal yang dianggarkan melalui APBDdes.

“Kami butuh pengawasan dalam melakukan pembinaan terhadap Bumdes. Mudah-mudahan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat,” pungkas dia. (Fd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here