Beranda Kepri Anambas Program Adiwiyata Desa Masih Tahap Proses

Program Adiwiyata Desa Masih Tahap Proses

25
0
SDN 001 Tarempa yang meraih gelar Sekolah Adiwiyata di Anambas. (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup telah menerapkan sejak tiga tahun sebelumnya terkait program Sekolah Adiwiyata, sejumlah sekolah telah meraih penghargaan dari Adiwiyata tersebut, Rabu (30/9/2020).

Kepala Bidang Penataan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup KKA, Agus Supratman mengatakan, bahwa program sekolah adiwiyata telah berjalan selama tiga tahun sebelumnya. Untuk program Adiwiyata desa masih dalam proses pelaksanaannya.

Ia menjelaskan, ketentuan tentang sekolah Adiwiyata tertera dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata.

Baca Juga:  Wajib Beli Air Demi Bertahan Hidup, Alasannya?

“Gelar Sekolah Adiwiyata diberikan pada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata sendiri merupakan sebuah program dengan tujuan untuk mewujudkan sekolah yang demikian. Program ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada tiga prinsip utama, yaitu edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan,” ungkap Agus Supratman kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Kata dia, sekolah Adiwiyata juga merupakan gelar bagi sekolah yang dianggap sudah baik dan ideal sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta norma dan etika bagi siswa-siswinya sehingga dapat menjadi dasar bagi terciptanya kesejahteraan.

Baca Juga:  LSM Fortaran Incar Warga Terdampak Covid

“Yang pernah meraih gelar sebagai sekolah adiwiyata antara lain, SDN 001 Tarempa, SDN 003 Siantan dan sekolah yang berada di Kecamatan Palmatak dan Jemaja,” sebut dia.

Ia juga menyayangkan, untuk tingkat lingkungan desa belum menerapkan tetang adiwiyata tersebut, padahal itu sangat penting sekali dan pihaknya sedang melakukan sosialisasi tentang hal tersebut.

“Masih dalam tahap untuk penerapan tentang program adiwiyata desa. Seluruh masyarakat harus ikut berperan aktif dan itu penting,” pungkasnya. (Julina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here