Rute Kapal Cepat Batam-Lagoi Dibuka Untuk Umum Dan Wisatawan Akhir Pekan Ini

M Insan Amin, Kadishub Bintan
banner 120x600

BINTAN – Rute baru kapal cepat (Speedboat) rute Telaga Punggur Batam menuju Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi akan segera dibuka pada akhir pekan ini. Dalam rute tersebut, akan ada dua perjalanan setiap hari yaitu pada pagi dan sore hari.

Mohammad Insan Amin, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan membenarkan adanya pembukaan rute berlayar tersebut. Menurutnya rute tersebut sudah disetujui oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepri.

“Itu sudah keluar izinya. Karena termasuk wilayah antar kabupaten/kota, maka Dishub Provinsi yang berwenang. Tapi kami sudah terima tembusannya,” jawabnya, Kamis (5/10/2023).

Ia menambahkan, nantinya akan ada rute berlayar dari Batam menuju Lagoi pada pagi hari sekitar pukul 8 pagi dan kemudian dari Lagoi menuju Batam pada pukul 5 sore.

Ia juga mengatakan jika rute baru tersebut dibuka untuk umum dan juga wisatawan. Diharapkannya, rute ini akan memberikan dampak ekonomi bagi Bintan.

“Semoga arus barang dan orang semakin lancar ke Bintan. Kemudian juga pariwisata meningkat, tentunya pendapatan di sektor kepelabuhanan akan meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Hadi warga Bintan menanggapi positif adanya rute berlayar Batam menuju Lagoi dan juga sebaliknya. Hal itu menurutnya akan membuat akses ke Bintan semakin banyak.

“Bagus ada rute Batam-Lagoi. Namun yang perlu dipastikan adalah faktor keselamatan karena kan itu infonya speedboat. Ini karena saat musim Angin Utara gelombang laut wilayah perairan tersebut sangat tinggi dan ekstrim,” sebutnya.

Ia mengatakan, jika rute Batam-Tanjunguban saja saat musim Angin Utara rutenya dialihkan menghindari Laut China Selatan dan berlindung di wilayah pulau-pulau kecil yang terlindung.

“Saran saya, kalau bisa rute kapal cepat Batam-Tanjunguban dibuka hingga pukul 7 malam. Kemudian nanti adalah 1 atau dua kali sehari rute bus semisal damri menuju Lagoi gitu, jadi wisatawan lebih mudah,”ucapnya.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *