Beranda Headline Yasin Limpo Kunjungi Negeri Segantang Lada, Ada Apa?

Yasin Limpo Kunjungi Negeri Segantang Lada, Ada Apa?

47
0
Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo,SH.MH saat menerima plakat dari Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.Ip

Ignnews.id,Tanjungpinang-Menteri Pertanian RI kunjungi Kota Tanjungpinang dalam rangka meresmikan Gerai Pangan Dinas Pertanian Kota Tanjungpinang yang berada di Jalan Hang Lengkir, Sabtu (26/9/2020).

Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. MH mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungpinang harus memperhatikan dan fokus terhadap sektor pertanian khususnya para petani yang dilakukan motivasi dan pembinaan dalam mengelola hasil pertanian dengan baik dan benar.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Petanian akan mendukung sepenuhnya dalam bentuk anggaran perencanaan pembangunan di sektor pertanian.

“Anggaran di sektor pertanian bukan hanya di Kota Tanjungpinang saja, namun untuk seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau diharapkan dapat fokus lagi mengelola lahan yang masih belum aktif. Persiapkan lahan seluas 100 Hektare, saya akan bantu bibit jagung disertai pupuknya agar pertanian di Kepri tumbuh dan bisa menjadi penyuplai untuk kebutuhan masyarakat seluruhnya,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ketika menyampaikan pidatonya, Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga:  Eko Pantau Tiga Kecamatan Jemaja, Ada Apa?

Dalam hal ini kata dia, sektor pertanian harus dibagkitkan dan itu sangat penting bagi ketahanan nasional bahkan bisa mendatangkan pendapatan negara dan daerah. Apalagi Kota Tanjungpinang secara geografisnya terletak sangat dekat dengan dua negara tetangga yakni negara Singapore dan Malaysia.

Ini suatu modal besar bagi pelaku usaha disektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani, kenapa tidak pasarnya sudah jelas. Namun tentu hasil pertanian harus menjaga kualitas dan kuantitas.

“Saya hanya minta harus fokus dan konsentrasi dalam meningkatkan pembangunan disektor pertanian khususnya. Untuk Kepri memiliki potensi besar dan pasarnya juga telah tersedia,” ucap Yasin.

Baca Juga:  Gemerlap Malam Menguntungkan Pedagang Kaki Lima

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma mengatakan, dirinya siap membina para kelompok tani di Kota Tanjungpinang dengan serius dan kata dia lagi, Gerai Pangan Pertanian ini akan memberi peluang kepada petani untuk mempromisikan hasil tanamannya dan ini bagian dari menyerap aspirasi masyarakat juga.

“Hanya petani yang dibenarkan untuk melakukan aktivitas jual beli di Garai Pangan ini. Saya harapkan petani tidak ketergantungan lagi kepada pengepul,” sebut Rahma.

Diirnya juga sangat bangga bahwa acara Gerai Pangan kali ini dikunjungi Menteri Pertanian RI secara langsung dan diharapkan Kementerian Pertanian dapat kiranya membantu anggaran pembangunan dalam sektor pertanian khususnya.

Baca Juga:  Truck Tabrak Pagar Rumah Kosong

“Tentu saya sangat berbangga bahwa Pak Menteri Pertanian langsung ikut hadir diacara ini. Meskipun kita ketahui jadwal kegiatan beliau sangat padat tapi masih bisa menyempatkan diri kunjungi Provinsi Kepri. Mari kita bangkit para seluruh petani Kota Tanjungpinang,” ujar dia. (Fr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here