BPS Anambas Gelar Event Kick Off SP2020

Tampak foto peserta saat mengikuti acara Event Kick Off SP2020 di aula Kantor BPS Anambas (foto Ignnews.id)
banner 120x600

Ignnews.id,Anambas- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Anambas gelar Event Kick Off Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) dikantor BPS di Batu Tambun Kecamatan Siantan, Senin (31/8/2020). Pendataan akan dilakukan sejak tanggal 1 September 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kick off sensus penduduk kali ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia secara virtual mengingat masih dalam kondisi covid19.

Dalam acara tersebut dilakukan sejumlah pemutaran video yakni kata sambutan dari kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Video dukungan, video perjalanan sensus 2020, video mencatat Indonesia serta penyematan atribut secara simbolis kepada petugas sensus.

“Karena Sensus penduduk tahun ini dilakukan ditengah pandemi covid-19, maka para petugas yang melaksanakan langsung dari pintu ke pintu dianjurkan melakukan rapidtest terlebih dahulu,” ungkap Donny Cahyo Wibowo kepada sejumlah wartawan, Senin (31/8/2020).

Menurutnya pula, petugas sensus wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan membawa Hand Sanitizer serta memenuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, face Shield, sarung tangan dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter.

“Petugas sensus di anambas hanya menggunakan surat kesehatan saja, sebab anggaran untuk rapidtest disediakan sekitar Rp 150 ribu sedangkan nilai harga rapidtest di KKA lebih dari harga yang dianggarkan,” ujar dia.

Tambah dia, penyematan atribut kepada petugas dilakukan oleh kepala Badan pusat statistik, atribut tersebut antara lain rompi berlogo sensus penduduk, tas, id card lengkap dengan QR barcode yang wajib dipakai ketika melakukan sensus.

“Semua telah diatus sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku. Di anambas masih dalam kategori zona hijau menuju kehidupan normal baru,” pungkas dia. (Julina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *