Beranda Kepri Anambas Bupati Buka Bimtek E-Commerce, Kesejahteraan UMKM Anambas

Bupati Buka Bimtek E-Commerce, Kesejahteraan UMKM Anambas

153
0
Bupati Kepulauan Anambas, Kepala Disperindakop dan UKM serta para pelaku usaha UMKM saat diacara Bimtek E-Commerce. (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Menjawab persoalan yang selama ini dikeluhkan oleh para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Pemerintah KKA melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Commerce bersama PT Shoppe di Gedung Plut, Senin (13/7/2020) siang.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris membuka acara Bimtek E-Commerce bersama Shope mengatakan ketika itu, akibat dampak dari pandemi covid-19 sangat mempengaruhi nilai produksi dan penjulan produksi dan penjualan UMKM dan pendapatan masyarakat di KKA secara keseluruhan.

Baca Juga:  Bupati Bersama Danlanal Tarempa Kunjungi Sekolah, Ada Apa?

“Dengan adanya Bimtek ini para pengusaha UMKM bisa beralih pemasaran produksinya melalui aplikasi online yang mana Pemda telah melakukan kerjasama terhadap beberapa perusahaan online seperti Bukalapak, tokopedia dan shope,” kata Abdul Haris, SH selaku Bupati Kepulauan Anambas ketika membuka acara Bimtek E-Commerce bersama PT Shope ketika ditemui Ignnews.id, Senin (13/7/2020).

Kata dia, diketahui UMKM sangat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Pembatasan transportasi beberapa bulan yang lalu hampir melumpuhkan akses penjualan produksi UMKM keluar daerah Anambas.

Baca Juga:  UMK 2021 Saat Ini Belum Ditetapkan
Tampak antusias pelaku usaha UMKM saat mengikuti Bimtek E-Commerce

Pada umumnya, UMKM Anambas masih melakukan penjualan secara langsung (direct selling). Pemasaran produk UMKM selama dijalankan secara konvensional dan bergantung terhadap kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan asing ke anambas.

“Kerjasama kami dengan sejumlah perusahaan aplikasi online untuk membantu UMKM anambas agar memudahkan dalam memasarkan produknya melalui platform digital,” sebut dia.

Lanjutnya, melalui Disperindakop dan UKM akan terus mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat yang telah tergabung di UMKM anambas kedepannya yang lebih baik. Oleh sebab itu dirinya berharap kepada para pelaku usaha dapat dengan serius mengikuti Bimtek tersebut.

Baca Juga:  Polres Anambas Gelar Operasi Seligi 2020

“Semoga Bimtek ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang tergabung di UMKM anambas,” pungkasnya.

Tampak yang hadir diacara Bimtek E Commerce Bupati, Kepala Disperindakop dan UKM dan puluhan peserta sebagai pelaku usaha UMKM di gedung Plut yang berada di jalan Tanjungmomong Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here