Beranda Kepri Anambas Ini Jawaban Keresahan Warga Jemaja dan Jemaja Timur Terkait Sinyal

Ini Jawaban Keresahan Warga Jemaja dan Jemaja Timur Terkait Sinyal

750
0
Tampak sejumlah peralatan dan perlengkapan Jaringan Internet untuk wilayah Jemaja dan Jemaja Timur. (foto Istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Akses jaringan internet yang berada di wilayah Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur akan segera ditingkatkan. Sejumlah peralatan dan perlengkapan infrastruktur jaringan telekomunikasi milik Telkom telah tiba di pulau Jemaja, Sabtu (11/7/2020).

Berdasarkan informasi dari General Manejer (GM) Telkom Ritel Kepri, Munawwir mengatakan, bahwa peralatan jaringan seperti kabel optik, tiang, pipa adpe, dan peralatan pendukung lainnya telah tiba di pulau Jemaja.

“Untuk kebutuhan peningkatkan layanan 4G LTE Tower Telkomsel di site Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas telah tiba. Alhamdulilah Telkom memastikan juga menambah melakukan sekaligus sejalan menarik mengerjakan galian kabel optik dan membentangi kabel optiknya ke wilayah Kecamatan Jemaja Timur,” ungkap Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi KKA, Jeprizal kepada Ignnews.id, Sabtu (11/7/2020) siang.

Baca Juga:  BPS Gelar Pelatihan Survei IMK Tahunan

Untuk wilayah Kecamatan Jemaja Timur meningkatkan layanan tower site telkomsel di site tower telkomsel Kuala Maras.

Kata dia, Teknis pekerjaan kebutuhan layanan sinyal telkomsel maka Telkom telah bekerjasama dan akan memanfaatkan tower milik PT.Moratel

“Pihak Telkom melakukan penyewaan infrastruktur milik Moratel, seperti broadbandnya. Badwidth ini akan ditembakan melalui radio dari Tarempa dengan memanfaatkan penggunaan backbone Palaparing Barat,” jelas dia.

Saat ini pihak Telkom sedang mempersiapkan tenaga teknis menuju ke pulau Jemaja dan Jemaja Timur.

“Mereka harus mengikuti protokol kesehatan dan dokumen penting lainnya. Saat ini masih proses perjalanan,” ujarnya.

Baca Juga:  Cabe Rawit Termahal Bahkan Terbatas

Lanjut dia, hal ini akan selesai dilaksanakan sebelum bulan Desember 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak yang memiliki kewenangan terkait koneksi jaringan sinyal.

“Kita tetap terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Diketahui akses jaringan telekomunikasi seluler dan internet bukan barang mewah lagi, namun sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” tukas dia.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timur, Izwar Ikrum menggatakan bahwa, dirinya mewakili suara masyarakat Kuala Maras mengapresiasi atas kinerja Pemda KKA yang telah berupaya keras mendorong dan meminta kepada pihak provider untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya jaringan internet.

Baca Juga:  Pemda Siapkan 1 Miliar Dana Bergulir Bagi UMKM

“Kami sangat apresiasi atas kinerja Pemda KKA. Kami masyarakat Jemaja Timur sangat berharap agar semua bisa terialisasi dan bisa menikmati jaringan internet tanpa batas,” ucap dia.

Ia juga mengatakan, masyarakat beberapa tahun lalu hingga kini hanya bisa menikmati jaringan internet yang ada di sekolah dan di kantor desa saja dan itupun dengan kapasitas sangat terbatas.

“Sinyal teleponpun sulit untuk dinikmati, akibat jaringan terbatas. Kami mohon kepada semua pihak dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat kami. Kami ucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan selama ini dan yanga akan datang,” pungkas dia. (Fd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here