Beranda Kepri Anambas Kades Kuala Maras Klaim Infrastruktur Program Prioritasnya

Kades Kuala Maras Klaim Infrastruktur Program Prioritasnya

341
0
Kepala Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas, Nefpi Rupika, SE ketika diruang kerjanya. (foto Ignnews.id)

Iggnews.id,Anambas-Sekitar dua tahun Kepala Desa Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Nefpi Rupika, SE menjabat sebagai kepala desa mengklaim telah banyak melaksanakan kegiatan khususnya dibidang infrastruktur seperti akses jalan, sarana air bersih, tempat ibadah, bangunan gedung dan kegiatan perekonomian masyarakat lainnya.

“Saya dilantik sejak akhir tahun 2017 dan Alhamdulilah, pembangunan infrastruktur sudah banyak kita lakukan. Adapun jumlah penduduk sebanyak 907 jiwa, mayoritas sebagai nelayan,” ungkap Nefpi Rupika, SE selaku Kepala Desa Kuala Maras ketika ditemui Ignnews.id, kemarin.

Dirinya juga mengatakan, bahwa telah mendatangkan guru agama untuk memberi pembelajaran bagi masyarakat khususnya anak-anak dapat menimba ilmu agama yang baik dan benar. Hal itu bagian dari program pembangunan non fisik.

Baca Juga:  Sistem Video TV Mempermudah Proses Belajar Bagi Murid SD

“Bidang keagamaan yang saya proiritaskan untuk program non fisik. Alhamdulilah, kegiatan itu masih berlangsung hingga sekarang,” sebut dia.

Tambah dia, program bidang perikanan juga telah dirinya prioritaskan seperti menabur unjam dilaut, rumpun untuk mempermudah bagi nelayan mencari ikan.

“Dua tahun sekali kita tabur unjam dan rumpun sebagai titik kumpul ikan dan itu pasti mempermudah bagi nelayan lokal mencari ikan. Perlahan kita laksanakan program perikanan dan tidak dipungkiri bisa dilakukan cakupan secara keseluruhannya,” jelasnya.

Kata Nefpi, Pemerintah Desa Kuala Maras juga sudah melakukan pelatihan bagi tenaga jasa tukang bangunan yang bersertifikasi, kegiatan itu dilaksanakan pada tahun 2018 silam.

Baca Juga:  Ini Nomor Urut Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Anambas

“Kini desa kita sudah memiliki tenaga tukang bangunan yang bersertifikasi sesuai standar yang diatur berdasarkan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Ia juga mengklaim bahwa, pembangunan yang dilaksanakannya berdasarkan aturan yang berlaku dan mengacu kepada Permendes. Dirinya tidak ingin kesan pembangunan yang dilaksanakan asal-asalan saja dan sembrawut tanpa ada perencanaan.

“Kami membangun desa sesuai dengan masterplant yang telah ditetapkan melalui hasil musywarah yang kami lakukan bersama sejumlah unsur masyarakat.

Lanjut dia, beberap contoh pembangunan yang dilakukan sejak akhir tahun 2017 diataranya, dua uni pembangunan jalan pelantar dermaga, akses jalan di Gang Kadri. Semulanya bangunan itu hampir romboh, namun dirinya segera melakukan perbaikan pembangunannya.

Baca Juga:  Desa Siaga Kuala Maras Apresiasi 4 Anak

“Mekipun belum maksimal, tapi kita sudah berupaya melakukan yang terbaik untuk pembangunan di Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur, KKA tentunya,” tutur dia. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here