Kampung Tangguh Nusantara Akan Menjadi Idola

Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra meresmikan Kampung Tangguh Nusantara yang dicanangkan oleh Polres Kepulauan Anambas
banner 120x600

Ignnews.id,Anambas-Dalam menuju kehidupan normal baru Polres Kepulauan Anambas menggelar kegiatan peresmian Kampung Tangguh Nusantara tepatnya di dusun Arung Hijau Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (30/6/2020) pagi.

AKBP Cakhyo Dipo Alam selaku Kapolres Kepulauan Anambas ketika diwawancarai oleh sejumlah wartawan mengatakan, dengan dinilai secara garis besar penetapan dusun Arung Hijau menjadi Kampung Tangguh Nusantara adalah masyarakatnya dinilai sudah siap dan tangguh di sisi kesehatan, ekonomi dan sosialnya.

“Untuk mempertahankan pangannya sendiri masyarakat Desa Tingau sudah tangguh dan sisi kesehatan masyarakat juga dinilai patuh terhadap penerapan protokol kesehatan serta sisi sosialnya selalu memberi semangat kepada masyarakat desa lainnya,”kata Cakhyo Dipo Alam selaku Kapolres Kepulauan Anambas kepada wartawan, Selasa (30/6).

Penerapan kedepannya untuk Desa Tingau menjadi Kampung Tangguh Nusantara nantinya akan difokuskan dalam menjalankan program-program kerja Polres terhadap pembinaan, penertiban dan lainnya.

“Kita akan gali potensi-potensi yang ada di desa tersebut agar bisa menjadi contoh yang baik dari desa lain yang ada di seluruh Kabupaten Kepulauan Anambas. Jika sudah terwujud dengan baik maka akan dilakukan pembinaan terhadap desa lainnya pula,”sebut dia.

Untuk tanaman palawija masyarakatnya juga sudah aktif dalam perkebunan serta peternakannya juga sudah tersedia dengan baik. Polres menargetkan desa tersebut bisa tangguh dalam segala hal dan tidak bergantung seratus persen dengan pihak lain.

“Kita juga butuh dukungan seluruh masyarakat agar program ini bisa berjalan dengan baik dan sukses kedepannya. Desa Tingau harus menjadi Kampung Tangguh Nusantara,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, pada prinsipnya Pemda KKA siap mendukung secara maksimal dan pihaknya juga akan melakukan kolaborasi dengan program kerja terkait Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kata Wan selaku Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) KKA mengatakan, diketahui sejak dahulu masyarakat Desa Tiangau ini beraktifitas sebagai petani perkebunan dan untuk ketahanan pangan dirinya yakin masyarakat ini akan lebih mampu.

“Apalagi memang ada dukungan dari sejumlah pihak untuk kemajuan dan ketangguhan dalam ketahanan pangan masyarakat. Kita pada prinsipnya siap membatu secara maksimal dan dikolaborasi dengan program Pemda Anambas yang telah dilaksanakan,”ucap dia.

Mengenai kesehatan, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun saat ini sedang menuju kehidupan normal baru. Pihaknya juga menegaskan kepada seluruh perangkat desa, kecamatan untuk dapat lebih meningkatkan sesialisasi kepada masyarakat untuk tetap mempertahankan anambas sebagai wilayah zona hijau.

“Kita ketahui bersama sejak dulu memang Desa Tiangau masyarakatnya sudah terbiasa menjalankan aktivitas kehidupan sebagai petani perkebunan. Kami tidak akan ragu hal itu,”tutur dia.

Sedangkan, Kepala Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan, Hermansyah mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak terutama Polres Anambas yang telah menetapkan desanya menjadi Kampung Tangguh Nusantara. Tentu kedepannya pihak desa bersama masyarakat berharap dilakukan pembinaan dan berharap desa tersebut bisa lebih maju dan baik lagi dari kondisi saat ini.

“Kami tidak menyangka bahwa Desa Tiangau yang dipilih menjadi Kamoung Tangguh Nusantara. Sudah pasti kami bangga dan senang sekali. Pada prinsipnya masyarakat disini siap menjalankan program yang diberikan nantinya,”tukas dia.

Ketika pelaksanaan peresmian Kampung Tangguh Negara ditandai dengan pemotongan pita dan pemukulab Gong, acara digelar mengikuti prosedur protokol kesehatan.

Turut Hadir dalam acara Wakil Bupati Kepualauan Anambas, Kapolres Kepulauan Anambas, Kadis kesehatan Herianto, Ketua BPD Kab. Kep. Anambas Mustamsir, Danlanal Tarempa diwakili Pasprogar Lanal Tarempa Kapten Budi Hartoyo, Camat Siantan Selatan Awaludin, Kepala Puskesmas Kecamatan Siantan Selatan Didi Nurhadi, S.KM, KHERMANSYAH, Kades Tiangau Khermansyah, Danramil Tarempa diwakili Babinsa Desa Tiangau Serma Yurnalis, Ketua Cabang Bhayangkari Kepulauan Anambas Ny. Kiki Cakhyo Dipo Alam, PJU dan Personil Polres Kepulauan Anambas serta Bhayangkari.(Julina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *