Beranda Kepri Anambas Mahasiswa UNRI Gelar Kukerta Di Desa Putik

Mahasiswa UNRI Gelar Kukerta Di Desa Putik

352
0
Sejumlah Mahasiswa UNRI yang menggelar kegiatan Kukerta

Ignnews.id,Anambas-Sejumlah mahasiswa dari Universitas Riau (UNRI) yang berasal dari fakultas kedokteran, fakultas ekonomi bisnis dan fakultas keguruan ilmu pendidikan melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Putik Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas selama satu bulan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka belajar secara nyata berinteraksi langsung ke masyarakat. Hal ini mencakup pengembangan potensi desa, lingkungan, perilaku hidup bersih dan ketahanan pangan.

“Kami laksanakan kegiatan ini dengan kerja nyata dan dilakukan di Desa Putik. Sejumlah mahasiswa berasal dari anak-anak asli KKA. Kami harapkan seluruh masyarakat Desa Putik dapat mendukung kegiatan kami,” ungkap Muhammad Fajar selaku Ketua Kukerta dari UNRI Fakultas Kedokteran ketika menghubungi Ignnews.id, Jum’at (7/8/2020).

Kegiatan ini meliputi seperti skrinning atau pemeriksaan dini tekanan darah untuk warga usia 40 tahun yang dilakukan door to door selama 3 hari berturut-turut. Kemudian,mahasiswa kukerta bersama dengan perangkat desa juga turut serta mengikuti pembagian bantuan langsung tunai tahap 3 yang dilaksanakan di balai desa dan door to door.

Baca Juga:  Usaha Luti Gendang Tembus Manca Negara

Tidak hanya itu, mahasiswa kukerta juga membuat kegiatan bersama pemilik UMKM Kerupuk Ikan yang mana mereka belajar semua tentang proses pembuatan sampai dsitribusinya, hal ini menjadi acuan bagi para mahasiswa untuk melakukan strategi distribusi pada masa pandemi covid-19 saat ini.

“Beruntungnya di KKA masih kategori zona hijau. Kami juga dapat belajar secara nyata dengan masyarakat,” ucap dia.

Kegiatan selebihnya ini ada beberapa penyuluhan di SMPN 004 Putik terkait Adaptasi Model pegajaran daring dan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan para siswa/i bahwa hal ini merupakan sebuah urgensi ataupun masalah darurat yang harus diterapkan selama pandemi berlangsung. Kegiatan ini dilaksanakan dimasing-masing kampung para mahasiswa dan bersifat semi daring.

“Jadi ada beberapa kegiatan yang urgensinya untuk turun dilapangan dan ada juga secara online. Mahasiswa kukerta yang tidak berada di lokasi, menunjang kegiatan seluruh perwakilan mahasiswa dilapangan yaitu proses pembuatan luaran kegiatan kukerta seperti pembuatan monografi desa, laporan Blog, publikasi media sosial dan media massa, laporan akhir,” jelasnya.

Baca Juga:  Perkuat Pertahanan Laut Natuna Utara, Lanal Tarempa Kukuhkan Babinpotmar

Sedangkan, Kepala Desa Putik Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas, Azman mengatakan, bahwa dirinya sangat berterima kasih atas keputusan para mahasiswa telah memilih desanya sebagai tempat Kukerta. Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat dapat ikut berpartisipasi dan mendukung atas kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas dipilihnya Desa Putik sebagai tempat Kukerta bagi para mahasiswa UNRI saat ini. Diketahui hal ini yang kedua kalinya Desa Putik sebagai tempat belajar para mahasiswa,” sebut Azman.

Kata dia, diharapkan kepada para mahasiswa dapat memberikan ilmu yang dimiliki dan dapat bersinergi dengan baik terhadap masyarakat. Galilah potensi desa yang saat ini dimiliki dan desa tetap akan mendukung atas saran demi kemajuan desa kedepannya lebih baik.

Baca Juga:  HUTKEMRI 75 Tahun Dibanjiri Permainan Rakyat

“Alhamdulillah kedua kalinya desa putik kedatangan mahasiswa kukerta, dan di tahun ini satu- satunya desa yang ada mahasiswa kukertanya se-Kecamatan. Ini adalah bentuk pengabdian adik-adik kepada masyarakat, semoga anak-anak kukerta bisa menjalankan semua program yang telah disusun dengan baik tanpa kedala apapun,” ujar dia.

Dalam kegiatan itu dihadiri juga Kapolsek Palmatak KKA, IPTU M. Arsha mengatakan, pihaknya juga akan memberi jaminan keamanan bagi para mahasiswa selama melaksanakan kegiatan Kukerta jika diperlukan. Pada prinsipnya untuk wilayan pulau Palmatak kondisi keamanan cukup aman dan bisa dikendalikan hingga saat ini.

“Kami dari jajaran Polsek Palmatak siap membantu para mahasiswa dalam pelayanan keamanan dan ketentraman selama menjalankan Kukerta,” pungkas dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here