Beranda Kepri Anambas Masa Rusuh, Satpol PP Lakukan Pengamanan

Masa Rusuh, Satpol PP Lakukan Pengamanan

1210
0
Terlihat aksi masa ingin menerobos pagar betis keamanan Satpol PP saat aksi simulasi pengamanan Pemilukada Serentak 2020.

Ignnews.id, ANAMBAS-Sejumlah kelompok masa tidak dikenal melakukan aksi demonstrasi dengan membuat rusuh dan melakukan penyerangan disuatu kantor instansi pemerintah ketika pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak (Pemilukada) 2020 di Kabupaten Kepuluan Anambas berlangsung.

Aksi lepar batu, lempar kayu pun terjadi bahkan aksi dorong mendorong antar masa dengan pihak keamanan yakni anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berlangsung senggit.

Setelah dilakukan penyisiran oleh pihak keamanan terhadap pelaku demonstrasi itu akhirnya dapat disepakati untuk dilakukan berdialog dengan sejumlah perwakilan aksi demonstrasi, maka aksi tersebut dapat dibubarkan dan diamankan.

Baca Juga:  Pulang Dari Jakarta Pasien Langsung Positif Korona

Kegiatan tersebut diatas adalah sebagai bentuk dari simulasi oleh anggota Satpol PP dalam rangka mengantisipasi dan melakukan pengamanan ketika pelaksanaan Pilkada 2020 berlangsung nantinya terhadap ancaman dari orang-orang atau kelompok masa yang berniat untuk membuat kekacauan keamanan. Rencana pelaksanaan Pemilukada pada bulan Desember 2020 dan bulan September 2020 rencana pendaftaran bagi bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Selain menggelar pelatihan simulasi Satpol PP juga melakukan pelatihan terhadap Satlinmas bagi Kecamatan Siantan, Siantan Selatan dan Siantan Timur. Anggota Satlinmas yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 240 orang. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 5/8/2020.

Baca Juga:  24 Perkara Gelar Sidang Istbat Nikah

“Sumber dana yang digunakan dalam kegiatan ini dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020. Program peningkatan keamanan dan kenyamanan lingkungan dengan judul kegiatan pemantauan dan pengawasan ketentraman dan ketertiban umum. Menyediakan satu perlengkapan pakaian linmas. Tujuan pelatihan satlinmas dan pelatihan BPD diadakan untuk memberi pengetahuan dasar tentang penyelenggaraan Pilkada dan perkataan lainnya,” kata Zairin selaku Kepala Satpol PP dan Damkar KKA, Jum’at (7/8/2020).

Ia berharap, kepada seluruh peserta Satlinmas dan Satpol PP untuk mengikuti Diklat ini dengan sungguh-sungguh sebagai bekal pengetahuan dasar dan persiapan fisik mental untuk menghadapi Pilkada serentak pada bulan Desember 2020.

Baca Juga:  Wajib Beli Air Demi Bertahan Hidup, Alasannya?

“Saya harapkan semua peserta dapat mengikuti acara diklat dengan sungguh-sungguh,” tutur dia.

Diketahui, kegiatan itu dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, pimpinan dan anggota DPRD, perwakilan Polres KKA, perwakilan Lanal Tarempa, perwakilan Kejaksaan dan sejumlah kepala OPD KKA. (Fd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here