Beranda Kepri Anambas Perayaan HUT Pramuka 59 Terlaksana Di Kute Siantan

Perayaan HUT Pramuka 59 Terlaksana Di Kute Siantan

201
0
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH ketika menyampaikan pidato (foto Humas Protokoler)

Ignnews.id,Anambas-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah melaksanakan peringatan Hari Pramuka ke 59 di halaman lapangan bola kaki Desa Payalaman Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Jum’at (14/8/2020).

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH memimpin langsung apel HUT Pramuka ke 59 dengan menyematkan tanda jasa yang diberikan oleh Pramuka tingkat nasional kepada sejumlah anggota pramuka di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kata dia, untuk tahun ini tema hari pramuka adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara”. Tema tersebut juga menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020 ini.

“Perwujudan dari semangat pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan diseluruh dunia juga mengalami hal yang sama,” kata Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas dan sekaligus memipin apel HUT Pramuka ke 59, kemarin.

Baca Juga:  Sejak New Normal Transportasi Lancar

Selain apel dilakukan saat itu, para anggota pramuka juga melakukan kegiatan donor darah di RSUD Palmatak. Kegiatan bhakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter, untuk menunmbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman bertagwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disipilin, peduli, menjunjungtinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun negara persatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945.

“Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpergertian, bertoleransi dan hidup damai bersama seluruh kompenen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik,” ucap dia.

Baca Juga:  50 Unit Ruksus Bakal Dibangun Oleh Pusat

Dalam pidatonya, Haris menyampaikan bahwa jumlah anggota pramuka diseluruh Indonesia berjumlah sekitar 25 juta sedangkan jumlah anggota pramuka di dunia mencapai sekitar 54 juta anggota.

“Hampir setengah dari jumlah pramuka atau pandu sedunia berasal dari Indonesia. Jumlah besar ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan,” tutur dia.

Abdul Haris ketika menyampaikan kepada media Ignnews.id bahwa, gerakan pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu, bahkan gerakan kepramukaan didunia dimulai sudah lebih dari 110 tahun yang lalu. Gerakan ini adalah merupakan suatu organisasi pendidikan, oleh sebab itu nama lengkap organisasi ini adalah Gerakan pendidikan kepanduan raja muda karana, merupakan suatu organisasj pendidikan non formal untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidjkan formal di insitusi pendidikan formal.

Baca Juga:  Persiapan Penyambutan Kunker Panglima Komando Armada I Menuju Anambas

“Untuk di Kabupaten Kepulauan Anambas cukup antusias bagi anak-anak dalam mengikutserta menjadi anggota pramuka. Saya saja sangat senang ketika adanya kegiataan kepramukaan,” ucap dia.

Pantau wartawan Ignnews.id setelah upacara digelar rombongan Bupati, Wakil Bupati, Sejumlah Kepala OPD, Lanal Tarempa, Danlanudal Matak, Kapolsek Matak, Anggota TNI AD, Camat Kute Siantan, Sejumlah Kepala Desa, Ketua BPD Kute Siantan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Muda ikut mengunjungi ketika melakukan kegiatan Bhakti sosial yakni donor darah di RSUD Matak. (Fd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here