Beranda Kepri Anambas Rapidtest Di Puskesmas Tarempa Lagi Kosong

Rapidtest Di Puskesmas Tarempa Lagi Kosong

87
0
Kepala Puskesmas Tarempa, Januardi ketika ditemui

Ignnews.id,Anambas-Hampir dua bulan ketersedian rapidtest tidak ada lagi di Puskesmas Tarempa, sejauh ini hanya mengeluarkan surat kesehatan bagi warga yang membutuhkan.

Kepala Puskesmas Tarempa, Januardi mengatakan, bahwa pihaknya hanya mengeluarkan surat kesehatan dan perlu diketahui rapidtest tidak tersedia lagi di Puskesmas Tarempa.

“Kita kan menunggu dari dinas,sudah sekitar 2-3 bulan ini rapidtest dipuskesmas tidak tersedia. Kita hanya mengeluarkan surat keterangan kesehatan saja,” kata Januardi selaku Kepala Puskesmas Tarempa kepada wartawan, Jum’at (11/9/2020).

Sedangkan untuk persediaan Alat test PCR/Swab tersedia di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa. Namun persediaan swab ini hanya digunakan untuk pasien yang memiliki gejala seperti batuk, demam atau pasien reaktif covid-19 saja.

Baca Juga:  PWI Salurkan Bantuan Sembako Kepada Anggotanya Serta Masyarakat

Tambahnya, untuk pelayanan pengobatan yang datang ke puskesmas masih normal, tapi puskesmas paling banyak di datangi warga untuk mengeluarkan surat kesehatan saja.

“Kami di kunjungi warga yang hendak berangkat, diperkirakan satu hari bisa mencapai 60 surat yang dikeluarkan, ” sebut dia.

Tambahnya, bagi warga yang membutuhkan surat kesehatan untuk keperluan berangkat, cukup hanya membawa fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun ketika diperiksa jika terjadi gejala batuk, demam tinggi pihaknya akan mengarahkan dilakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit.

Baca Juga:  Ini Jawaban Keresahan Warga Jemaja dan Jemaja Timur Terkait Sinyal

“Kami mengeluarkan surat kesehatan bagi warga yang dinilai sehat. Jika ada gejala demam tinggi atau batuk akan diperiksa di rumah sakit agar dapat di rapidtest atau Swabtest,” pungkas dia. (Julina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here