Ratusan Pengantin Laksanakan Pesta Pernikahan

Foto pengantin sedang melangsungkan pernikahan beberapa waktu yang lalu. (foto Istimewa)
banner 120x600

Ignnews.id,Anambas-Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) masih dalam kategori zona hijau dimasa pandemi covid-19, sejak bulan April dan Agustus 2020 terjadi peningkatan pengajuan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) di beberapa kecamatan KKA.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Ade Mawi Ay mengatakan, pihaknya mencatat adanya peningkatan jumlah pengajuan pernikahan pada pertengahan tahun ini, sejak bulan April hingga bulan Agustus 2020.

“Cukup tinggi pengajuan pernikahan dimasa pandemi covid-19 pada tahun 2020. Anambas masih kategori zona hijau. Kami sarankan tetap mengikuti protokol kesehatan. Terkadang dalam satu bulan mencapai sekitar 10-25 pasang yang menggelar pernikahan,” ungkap Ade Mawi AY kepada wartawan ketika ditemui, Rabu (19/8/2020).

Mawi selain selaku Kepala KUA Kecamatan Siantan, Siantan Selatan dan Siantan Timur, dirinya juga sebagai penghulu mengatakan, terjadinya peningkatan permohonan pernikahan saat ini disebabkan memiliki kepercayaan terhadap tradisi dan sebelum jatuh tempo bulan Muharam para calon pengantin harus segera menuntaskan pesta pernikahannya.

“Secara pasti kita tidak tahu kenapa harus sebelum bulan Muharam itu lebih baik digelar pernikahan. Itu soal tradisi masyarakat,” sebut dia.

Ia menjelaskan, data yang dimiliki oleh pihaknya sejak Januari hingga bulan Agustus 2020 jumlah pernikahan yang dilaksanakan sebanyak 116 pasang.

“Dibulan April 2020 paling tinggi digelar pernikahan dengan jumlah sekitar 25 pasang. Untuk usia mulai dari 19 hingga 23 tahun yang melangsungkan pernikahan,” jelas dia.

Sedangkan, Kepala KUA Kecamatan Palmatak, Saedon mengatakan, bulan Juni telah dilaksanakan pernikahan sebanyak 14 pasang, sedangkan untuk bulan Agustus 2020 sebanyak 16 pasang.

“Bisa dikatakan hampir setiap minggu dari bulan Juli hingga Agustus 2020 ada pesta pernikahan di Kecamatan Palmatak,” singkat dia. (Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *