Beranda Kepri Anambas Selain Tangkap Ikan, Kapal Pukat Jaga Perbatasan Dari Nelayan Asing

Selain Tangkap Ikan, Kapal Pukat Jaga Perbatasan Dari Nelayan Asing

763
0
Tampak foto Kapal Pukat yang berada dilaut perairan Anambas. (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Kedatangan perwakilan masing-masing Kapten kapal pukat mayang berjumlah 15 orang menuju Kantor Bupati Kepulauan Anambas dijalan Fisabilillah Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan disambut oleh Bupati Kepulauan Anambas langsung dalam rangka memediasi antara pemilik kapal dengan masyarakat yang diduga telah menahan alat tangkap jenis jaring di Pulau Matak.

Perwakilan dari pihak kapal pukat mayang, H Fadli seorang kapten menyampaikan, beberapa hari yang lalu salah satu diantara kapal mereka alat tangkap jenis jaring telah ditahan oleh sejumlah masyarakat dan diakuinya mereka juga selain menangkap ikan mereka juga menjaga daerah perbatasan dari pencurian ikan oleh nelayan negara asing.

Baca Juga:  Rumah Kayu Palmatak Dilahap Si Jago Merah

“Kami memohon bantuan kepada Pemda Anambas agar dapat membantu kami. Alat tangkap salah satu kapal kami agar dapat dilepas oleh masyarakat,” sebut

Sedangkan, Kapten KM Segaran, Erlan Seherlan menjelaskan terkait kronlogis kejadian, saat itu dirinya bersama seluruh ABK sedang mencari tempat berteduh dari ancaman keadaan cuaca dan gelombang tinggi.

“Ketika itu kapal yang dinakhodainya tidak mampu menahan cuaca buruk yang terjadi diwilayah zona tangkap sehingga harus mencari pulau terdekat untuk dapat berlindung,” jelasnya.

Pada prinsipnya, dirinya memohon bantuan kepada Pemda Anambas agar dapat membantu untuk melepaskan alat tangkap jenis jaring yang telah ditahan masyarakat saat ini. Hal itu agar pihaknya dapat melaksanakan aktivitasnya dilaut sesuai zona tangkap.

Baca Juga:  Berbelitnya Perizinan Investasi Wisata Terhambat, Ada Apa?

“Mudah-mudahan alat tangkap kami yang ditahan dapat dikembalikan agar kami dapat melaut lagi,” ujar dia.

Diketahui, setelah beberapa jam melaksanakan mediasi tersebut di kantor Bupati Kepulauan Anambas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, beberapa poin yang harus dipatuhi dan ikuti oleh para nelayan tersebut yakni ditentukan teknis dan lokasi area lego jangkar atau berlabuh. Pihak Pemda akan menyiapkan Sarana Call centre untuk melakukan komunikasi sebelum melakukan lego jangkar.

Turut hadir dalam kegiatan, Bupati KKA Abdul Haris, Ketua DPRD KKA, Hasnidar, Danlanal Tarempa Letkol laut (P) Erfan Indra Darmawan, Wakapolres KKA Kompol Yudi, S. H, Dandim 0318 Natuna di wakili oleh Pelda Wamada S, Kacabjari di wakili Ade suganda, Sekda KKA, Sahtiar, SH.MM, Kabakesbangpol KKA, Andi Agrial, Kadis DP3, Effi suhairi, Satwas PSDKP, Widodo, Kacabdis Perikanan Provinsi Kepri. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here