Beranda Kepri Anambas Haris Cakap Harus Bangga Menjadi Nelayan Anambas

Haris Cakap Harus Bangga Menjadi Nelayan Anambas

228
0
Abdul Haris selaku Bupati Kepualauan Anambas ketika ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya.(foto istimewa)

Ignnews.id,Anambas-Sejak kepemimpinan Abdul Haris, SH bersama Wan Zuhendra telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada nelayan pancing ulur dan nelayan budidaya di Kabupaten Kepulauan Anambas, bantuan itu disalurkan atas usulan yang diajukan oleh kelompok nelayan.

“Program priotas untuk nelayan itu memberi jaminan keselamatan kerja melalui BPJS. Seluruh nelayan dimasukan sebagai peserta BPJS dan dibayarkan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) KKA,”ungkap Abdul Haris, SH selaku Bupati Kepulauan Anambas kepada Ignnews.id, Minggu (5/7/2020).

Menurut dia, bantuan jongkong yang sudah disalurkan sekitar 162 unit. Untuk tahun 2020 ada sekitar 15 unit. Kata dia, setiap tahun Pemda menyalurkan sejumlah bantuan kepada nelayan.

Baca Juga:  Wujudkan Sekolah Penghafal Al Qur'an Pertama di Perbatasan Indonesia

“Saya berharap dengan adanya bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Kartu BPJS harus disimpan dan itu penting bagi seorang nelayan,”ujar dia.

Kemudian, dirinya juga menghimbau kepada warga yang berstatus nelayan harus menyesuaikan dengan data kependudukannya sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebab jika terjadi musibah dilaut dan KTP tidak sesuai dengan pekerjaan maka akan sulit melakukan klaim dari oleh BPJS.

“Jika kita kerja sebagai nelayan, ya status di KTP harus nelayan. Jangan ditulis lain yakni wiraswasta. Kalau petani ya tulislah sebagai petani di KTPnya. Kita harus bangga menjadi nelayan Anambas,”ujar dia.

Baca Juga:  Dirjen Budidaya Suport Nelayan Anambas Eksport Ikan

Adapun bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas selama kepemimpinan Abdul Haris,SH dan Wan Zuhendra sejak 2017 hingga 2020 diantaranya, kapal fiber (3GT) sebanyak 44 unit, Radio Komunikasi 186 unit, Kawat Bubu 132 unit, Bagan 2 unit, mesin kapal 92 unit, Rumpon 5 unit, Coolbox 124 unit, Pancing ulur 170 unit, GPS 14 unit, LTS 43 unit, Jongkong 162 unit. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here