Beranda Wisata dan Kuliner Pulau Bawah, Rute, Paket Wisata dan Harga Resortnya

Pulau Bawah, Rute, Paket Wisata dan Harga Resortnya

184
0
pulau-bawah-1
Keindahan Pulau Bawah diakui dunia, bahkan pada 2013 CNN menobatkannya sebagai pulau tropis terbaik di Asia. Foto - instagram.com/ngtripindo

Pulau Bawah adalah surga tersembunyi di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Surga tersembunyi ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena memiliki keindahan alam yang luar biasa indah.

Dari sebuah pulau sunyi, kini pulau ini telah diubah menjadi destinasi wisata yang membuat penasaran wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

Apalagi oleh pengelolanta, PT Pulau Bawah, pulau ini sengaja dilestarikan alamnya. Tak salah jika resortnya dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan dan berbasis konservasi.

Resort ini dibuka untuk khalayak pada 2017 silam. Selain alam Pulau Bawah yang terjaga, ekosistem di pulau-pulau sekitarnya juga masih terjaga dengan apik.

Sekilas PT Pulau Bawah

PT Pulau Bawah adalah pengelola tempat wisata di Pulau Bawah. Pada 2019 silam, dikabarkan oleh media lokal di Kepri perusahaan ini menyumbangkan pendapatan untuk Kabupaten Anambas.

Pendapatan yang disetorkan PT Pulau Bawah untuk menambah Pendapatan Aasli Daerah (PAD) ini sebesar Rp400 juta setahun.

Angka tersebut dibayarkan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam bentuk pajak tahunan hotel dan restauran yang disetor melalui bank pemerintah.

Saat itu, Direktur PT Pulau Bawah, Adjie mengatakan Rp400 juta tadi dibayarkan sebagai bentuk kewajiban meski okupansi hotel baru mencapai 40 persen.

PT Pulau Bawah sedikitnya mempekerjakan 150 karyawan. Dari jumlah tersebut, 80 persen diantaranya atau 120 orang merupakan putra daerah.

Perusahaan ini juga menghidupkan program sosial, yang diperuntukan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat setempat.

Dibentuklah sebuah yayasan di Desa Kiabu dengan alokasi biaya mencapai Rp2 miliar guna pemberdayaan masyarakat sekitar. Selain itu ada juga program jangka panjang, salah satunya adalah budi daya mutiara, sea bess dan reboisasi hutan tanaman sebagai program penghijauan.

PT Pulau Bawah memiliki 36 villa, 32 diantaranya di bibir pantai atau menghadap laut. Sementara 4 sisanya ada di daratan.

Selain mengelola Pulau Bawah, perusahaan juga mengelola pulau sekitar. Seperti ulau Merebeh, Pulau Sanggah, Pulau Elang, Pulau Sigi dan Pulau Stigi. Pulau-pulau tersebut dijadikan objek wisata pendukung bagi wisatawan yang datang ke Pulau Bawah.

Fasilitas Pulau Bawah Resort

Bawah Reserve atau yang lebih dikenal dengan Pulau Bawah resort adalah sebuah akomodasi alam tersembunyi. Mengapa tersembunyi? Lantaran dahulu tidak banyak orang tahu karena ada di wilayah terluar Indonesia, yakni Kabupaten Anambas.

Bisa disebut Pulau Bawah Luxury Resort karena yang hanya orang tajir melintir yang rela merogoh kocek tebal untuk berlibur ke sini. Pulau Bawah Resort juga identik dengan Bawah Reserve atau yang lebih dikenal dengan Pulau Bawah Resort adalah sebuah akomodasi alam yang berada di Pulau Bawah, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau bawah memiliki resort yang mengusung konsep lingkungan dan konservasi. Total ada 35 bungalow yang terdiri atas Garden Suite, Beach Suite, Overwater Bungalow dan Deluxe Beach Suite. Setiap kategori resort memiliki harga sewa yang berbeda.

Setiap bungalow di Resort Pulau Bawah dirancang dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan. Hal ini disengaja karena para tamu sudah membayar mahal untuk mendapatkan kenyamanan dan privacy.

Bawah Island menyediakan buggy sebagai sarana transportasi dari kamar menuju lokasi-lokasi sekitarnya. Sebut saja Grouper Bar dan Treetop Restaurant, Boat House, Aura Wellness Center, maupun jetty bercabang dua yang ikonis.

Baca Juga:  Gerbang Tanjak Belibak Penarik Wisata

Bungalow tersebut memiliki keunggulan dari posisinya masing- masing.

Bila menginap di Overwater Bungalow, tamu akan disuguhkan pesona matahari terbit dan terbenam.

Di bawahnya adalah kolam dengan ikan-ikan yang berenang ke sana- sini dengan leluasa. Jangan sesekali memancing karena itu dilaranag.

Sementara yang menginap di Beachfront Suite tamu akan mendapatkan pemandangan istimewa. Yakni hamparan pantai berair jernih dan pasir putihnya. Tamu dengan leluasa bisa duduk-duduk santai dan berjemur tepat di depan bungalow.

Biaya atau Paket Wisata Pulau Bawah

paket-wisata-pulau-bawah
Sumber foto: instagram.com/zulfikar.pikar

Jika kalian ingin berkunjung ke Pulau Bawah, ada baiknya membaca besaran biaya yang dibutuhkan. Dikutip dari sebuah agen perjalanan wisata yang ada di Batam, dibutuhkan biaya Rp3 jutaan untuk lama 4 hari 3 malam.

Harga yang ditawarkan tepatnya Rp2.950,000 per kepala dan terbatas hanya untuk 12 orang sekali trip. Tempat kumpul adalah di Pelabuhan Punggur, Batam. Bila peserta kurang dari 12 orang maka biro perjalanan wisata akan menganggapnya Private Trip yang harganya tentu lebih mahal.

Dengan membayar Rp3 jutaan tadi, kalian sudah mendapatkan tiket pergi – pulang menggunakan kapal laut Batam – Tarempa dengan Blue Sea Jet 1.

Juga termasuk hal-hal berikut ini:

  • Tiga malam menginap di resort.
  • Kamar yang dilengkapi dengan televisi 35 saluran.
  • Transportasi lokal berupa speedboat.
  • Sarapan, makan siang dan makan malam sesuai program.
  • Snorkeling gears.
  • Banana boat.
  • Tour guide.
  • Dokumentasi bawah laut.

Sementara yang tidak termasuk dalam biaya paket murah sebesar Rp3 juta adalah:

  • Personal expenses. Misalnya oleh-oleh dan makan di luar program.
  • Transportasi dari tempat asal ke meeting point, yaitu Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam.

Salah satu tempat menarik yang akan dikunjungi peserta tur murah ini adalah Desa Air Nangak. Di sini kalian bisa berziarah ke makam Siantan. Yang unik di makam ini adalah, walau makamnya terletak di bawah pohon rindang dan besar, namun kondisinya senantiasa bersih seolah dibersihkan setiap saat. Padahal tidak ada yang menjaga dan memelihara.

Peserta juga akan menyaksikan bagaimana penangkaran ikan Napoleon, salah satu jenis ikan yang diekspor ke Hongkong. Harga pada situasi normal bisa mencapai 1 juta per-ekornya.

Saat tiba di Pulau Temawan peserta disuguhi makan siang dan menikmati indahnya alam bawah laut. Peserta akan didampingi melakukan snorkeling.

Ada juga KSM Tour yang menawarkan petualangan ke Anambas 6 hari 5 malam dengan biaya Rp7.400.000 per kepala. Syaratnya minimal harus ada 6 orang satu rombongan.

Jika kalian mengikuti paket ini, perjalanan dimulai dari Tanjungpinang menggunakan pesawat menuju Bandara Matak. Dari Matak meneruskan perjalanan ke Tarempa menggunakan kapal selama 45 menit.

Di Tarempa lalu menginap. Jika ingin menikmati kuliner di luar program, peserta harus membayar sendiri.

Pada hari kedua, kunjungan ke Selat Rangsang dengan pemandangan perbukitan menghijau. Persinggahan selanjutnya ialah Pulau Temawan.

Pulau Penjalin adalah destinasi ke Pulau Penjalin denganĀ  amparan pasir putihnya yang sungguh menggoda. Pemandu wisata juga akan menjelaskan kepada peserta keindahan Pulau Nongkat dan Air Sena.

Baca Juga:  Berburu 'Buah Tangan' Asal Anambas

Barulah pada hari keempat singgah di Pulau Bawah. Jika air surut, peserta bisa berjalan ke Pulau Sanggah, Murbah, Lidi dan Elang.

Hari kelima adalah waktunya ke Pulau Semut, Pulau Langok dan Pulau Durai. Peserta akan bermalam di Pulau Durai.

Hari terakhir adalah perjalanan dari Pulau Durai ke Tarempa lalu ke Bandara Matak dan pulang ke Tanjungpinang.

Cara ke Pulau Bawah

cara-ke-pulau-bawah
Sumber foto: instagram.com/rano_arman

Sebenarnya dengan membaca paket wisata ke Pulau Bawah di atas, kalian dengan mudah sampai di pulau eksotis yang disebut CNN pulau terindah di Asia Pasifik ini.

Namun paket di atas berarti kalian harus ikut rombongan.

Kalau ingin berangkat seorang diri bisa menggunakan jalur laut. Paling mudah ialah berangkat dari Pelabuhan Sri Bintanpura di Pulau Bintan.

Dari sini akan merapat di Ibu Kota Kabupaten Anambas yakni Tarempa. Kota ini terletak di Pulau Siantan.

Namun ada hal yang harus diperhatikan jika ingoin berangkat menggunakan kapal. Sebaiknya cek lebih dahulu jadwal keberangkatan kapal.

Informasi ini bisa kalian dapatkan di pelabuhan di Tanjungpinang.

Sebagai contoh ada kapal Pelni Bukit Raya dan juga Sabuk Nusantara yang melayani rute Tanjungpinang – Tarempa. Namun tidak berangkat setiap hari.

Perjalanan memakan waktu hiongga 20 jam. Hal ini karena kapal rakyat ini harus singgah ke beberapa pelabuhan rakyat sehingga memakan waktu cukup lama.

Cara kedua lewat laut kalian bisa menggunakan kapal feri yang setap hari ada keberangkatan.

Waktu perjalanan dari Tanjungpinang ke Tarempa lebih kurang 10 jam. Kapal feri ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan kapal Pelni.

Setibanya di Tarempa, kalian harus menyewa kapal yang akan membawa ke Pulau Bawah. Lama perjalanan antara 4 sampai 5 jam.

Jika menggunakan pesawat terbang, bisa memulainya dari Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang. Dengan pesawat perintis kalian akan dibawa terbang ke Bandara Matak.

Dari Matak naik kapal selama 45 menit agar sampai ke Tarempa.

Wisata Pulau Bawah

Secara singkat ada banyak kegiatan ang bisa dilakukan wisatawan yang mengunjungi pulau indah ini.

Mulai dari snorkeling, menyelam, berenang, maupun mengayuh perahu kano. Karena di sini juga ada prbukitan, bisa juga melakukkan trekking.

Tak ada salahnya bertamu ke pulau-pulau di sekitar Pulau Bawah. Meski di pelosok nan jauh dari kota, di sini ada lapangan tenis, voli atau sekadar bermain pasir.

Yang hobi membaca jangan khawatir, di Pulau Bawah tersedia sebuah perpustakaan yang menyajikan banyak bacaan sesuai selera.

Jika menginginkan hal berbeda, lakukan saja board games, menikmati matahari terbenam dari Treetop Restaurant, hingga mengikuti kelas yoga, pilates, dan reiki.

Malam bukan berarti melulu di kamar, namun pengunjung bisa melakukan stargazing dan night snorkeling bersama tim dari Bawah Reserve.

Tunggu, kalau tamu datang kebetulan suasana langit cerah maka bisa menikmati indahnya milky way di langit luas.

Salah satu keunggulan dari Bawah Reserve adalah layanan spa yang dipuji banyak wisatawan.

Baca Juga:  Air Terjun Neraja Butuh Perhatian Serius

Terapisnya sendiri didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga apa yang mereka kerjakan merupakan metode yang disarankan dan mereka sangat profesional.

Bahkan sebelum praktik di tempat ini, para terapis dibekali pelatihan lanjutan. Tujuannya agar treathment yang mereka suguhkan akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para tamu.

Ruangan spa pun didekorasi dengan materi bambu dan kayu. Di dalamnya, tamu akan merasakan nuansa hangat, tenang, dan rileks yang begitu melenakan.

Lazimnya temoat wisata adalah nikmatnya sajian kuliner. Siap, di sini tamu bisa menccicipi beragam menu.

Menu yang disajikan tak ubahnya saat tamu bermalam di hotel bintang lima. Treetop Restaurant menyajikan berbagai santapan yang menggugah selera mulai dari sarapan pagi hingga makan malam.

Para koki di Treetop Restaurant akan menyambut pengunjung dengan sederet menu harian yang bervariasi. Namun ini tergantung pada persediaan bahan baku, hasil panen, serta hasil tangkapan laut di hari itu.

Hmm, ini yang membuat makanan di sini juga sehat. Bawah Reserve memiliki perkebunan sendiri lho. Sehingga makanan yang diolah benar-benar segar.

Bagi para pencinta hidangan laut, menu catch of the day pasti menjadi unggulan diantara menu lainnya.

Yang ingin bersantap ringan bisa mengunjungi Grouper Bar maupun Boat House. Hilangkan pikiran bagaimana kalau lapar malam atau pagi buta?

Grouper Bar ini buka 24 jam, sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa makanan dan minuman dari luar.

Harga Resort Pulau Bawah

pulau-bawah-villa-atas-air
Sumber foto: instagram.com/remotestays

Nah, yang terakhir ialah beraoa duit sih yang dikeluarkan untuk menginap di resortnya? Atau berapa sih biaya liburan ke Pulau Bawah?

Untuk tempat wisata kebanyakan, harga resortnya memang tergolong wah. Namun harga yang dikeluarkan dijamin setimpal dengan pengalaman dan keindahannya.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah harga-harga yang bisa dipilih tamu:

Pertama, Garden Suite yang berlokasi i tepi pantai. Vila jenis ini dijual dengan harga sekitar 1.980 US Dolar per hari atau sekitar Rp28 juta. Asumsi kurs ialah Rp 14 ribu per satu dolar Amerika.

Kedua, Beach Suite, yakni vila yang memakai model tenda glamping. Oleh pengelolanya, dijual dengan harga sekitar 2.080 USD per hari atau sekitar Rp 29.120.000.

Ketiga, tamu bisa memilih Overwater Bungalow. Yang ini keren karena dibangun di atas air. Bisa melihat ikan di bawah. Harganya 2.520 USD per hari atau sekitar Rp35.280.000. Ada tangganya lho menuju laut yang berair bening.

Terakhir adalah Deluxe Beach Suite, memiliki kamar yang sangat luas. Bahkan di halaman disediakan tempat berjemur privat. Vila ini dijual dengan harga sekiar 2.395 USD atau sekitar Rp33.530.000.

Khusus untuk orang-orang tajir yang mengincar villa di atas, jika ingin menggunakan ekstra bed akan dikenakan biaya tambahan 600 USD atau sekitar Rp8,4 juta untuk satu ekstra bed.

Masih adakah biaya lain? Ada jika menggunakan pesawat amfibi dari Bandara Changi di Singapura atau Bandara Hang Nadim, Batam ke Pulau Bawah.

Semoga artikel tentang Pulau Bawah ini membantu kalian yang ingin pergi ke sana. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here