Ramadhan Sananta Pemain Timnas Kebanggaan Kepri Toreh Prestasi di Kancah Internasional. Mantan Ketua LAM Lingga: Pemda Harus Memberikan Apresiasi

banner 120x600

IGNNEWS.ID, LINGGA- Prestasi cemerlang yang di toreh Muhammad Ramadhan Sananta (20) di kancah sepakbola di ajang Sea Games 2023 telah membuat bangga nama Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Kabupaten Lingga. Lahir di Daik, Kabupaten Lingga, pada 27 November 2002, Sananta (sapaan akrabnya) menempati posisi sebagai striker atau penyerang.

“Pemkab Lingga maupun Pemprov Kepri sudah sewajarnya memberikan apresiasi kepada Sananta. Dengan prestasi sepakbola yang ditunjukkan pada kancah Sea Games akan menjadi motivasi bagi generasi muda lain di Kepri khususnya Kabupaten Lingga,” kata Tokoh Masyarakat Lingga, M Ishak, Senin (08/05/2023).

Dikatakan, dengan kerja keras yang dilakukan Sananta di Sea Games, telah membuat nama Provinsi Kepri dan Kabupaten Lingga merasa bangga. Apalagi setiap sang striker membuat gol ke gawang lawannya, reporter selalu menyebut nama Provinsi Kepri dan Kabupaten Lingga sebagai daerah asalnya.

“Ini sebuah kehormatan untuk semua masyarakat Kepri. Memberikn apresiasi dan penghargaan seperti daerah daerah lain lakukan terhadap masyarakatnya yang berprestasi yang lakukan. Penting sekali karena tidak saja menghargai atas kerja keras yang dilakukan tetapi sebagai motivasi agar lahir Sananta Sanata baru di Bumi Bunda Tanah Melayu,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua LAM Kepri Kabupaten Lingga ini.

Menurut Ishak, apresiasi yang diberikan tidak hanya berbentuk materi, namun bentuk lainnya, seperti memberikan nama pada gedung olahraga milik pemerintah atau bahkan bisa juga stadion. “Nama ini akan diingat masyarakat dan menjadi semangat bagi Sananta untuk berprestasi,” ucap Ishak.

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber, dalam kariernya sebagai pemain sepak bola, Ramadhan Sananta menempati posisi sebagai striker atau penyerang.

Tinggi badan Ramadhan Sananta 182 cm, cukup ideal untuk seorang penyerang. Dalam aksinya di lapangan hijau, dia mengandalkan kaki kanannya untuk menendang bola.

Ramadhan Sananta mengawali karier profesional dengan bermain di kasta terendah sepak bola Indonesia, yakni Liga 3. Pada musim 2021-2022, Sananta bergabung dengan PS Harjuna Putra.

Selama bermain di pentas Liga 3, ia berhasil membuat sembilan gol dari 12 kali bermain. Setelah itu, pada Januari 2022, Sananta berlabuh ke Persikabo 1973 yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, yakni Liga 1.

Namun, saat di Persikabo 1973 ia jarang mendapat kesempatan untuk bermain.
Ia tercatat hanya tampil di empat laga bersama Persikabo 1973 di Liga 1.

Pada 24 Mei 2022, Ramadhan Sananta kemudian pindah ke PSM Makassar.
Di sana, ia berhasil tampil ganas dan sudah mencetak beberapa gol di Liga 1 2022-2023

Tepat pada September 2022, untuk kali pertama dalam karier sepak bolanya, Ramadhan Sananta merasakan pemanggilan timnas Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Sananta langsung dipercaya tembus ke timnas Indonesia level senior kendati usianya masih 19 tahun.

Debut pertamanya terjadi ketika timnas Indonesia menghadapi Curacao pada FIFA Matchday September 2022. (tengku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *