Lingga  

Temui Direktorat TSDP, Wabup Lingga Pastikan KMP Senangin Tetap Layani Rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal

banner 120x600

IGNNews.id, LINGGA- Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Lingga khususnya Pulau Singkep terkait informasi akan beralihnya lintasan Kapal Roll On Roll Of (Roro) KMP Senangin rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal. Hal ini setelah Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy, memastikan KMP Senangin tetap berlayar di lintasan Batam-Jagoh-Kuala Tungkal.

“”Alasan kita sangat kuat karena sampai saat ini, masyarakat Lingga khususnya, sangat bergantung dan terbantu dengan adanya Kapal Roro tersebut, apalagi kita saat ini sedang musim Lebaran, dan pada Idul Fitri nanti, intensitas arus mudik dan barang menggunakan Roro sangat tinggi pada tahun ini, karena tidak ada lagi PPKM,” kata Neko Wesha Pawelloy usai bertemu Kasubdit Sarana Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan, Abdi Sabda, Direktorat Transportasi Sungai Danau dan Penyebrangan (TSDP), Kementerian Perhubungan, Jumat (24/03/2023)

Dikatakan, Direktorat TSDP berjanji Kementerian perhubungan akan segera menyurati, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang mengelola KMP. Senangin untuk membatalkan rencana perpindahan lintasan, dan kembali ke lintasan awal yaitu Batam-Lingga dan Kuala Tungkal Jambi.

“Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Sarana Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan, Abdi Sabda mengatakan tidak akan memberikan akses kepada pihak ASDP, untuk mengganti lintasan ke daerah lain, atas pertimbangan kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Lingga, khususnya dan para pelaku usaha kecil menengah di Batam dan Kuala Tungkal, Jambi,” terang Neko.

Terkait hal ini, Pemkab Lingga juga akan menyurati pihak ASDP atas pernyataan Direktorat TSDP. Dengan komitmen yang bertujuan untuk masyarakat, Neko optimis akhir bulan ini sudah ada pernyataan resmi terkait rute di jalur lintasan Batam-Jagoh-Kuala Tungkal.

“Kita akan segera menyurati ASDP, dan nanti akhir bulan ini sudah ada kabarnya, salah satunya tentang penyesuaian tarif yang dikeluhkan oleh pihak ASDP akan segera kita sesuaikan, dan mungkin setelah itu keluar akan segera beroperasi,” ujarnya.

Saat menemui Direktorat TSDP Wakil Bupati Lingga juga didampingi beberapa perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, yang langsung disambut oleh Kasubdit Sarana Transportasi Sungai, Danau dan Penyebrangan Abdi Sabda, Kepala sub koordinator kelompok sarana penyeberangan Aminuddin dan Kepala Sub Koordinator Kelompok Sarana Sungai dan Danau.

“Dengan adanya kabar baik ini tentu menjawab polemik, rencana kapal roro yang akan pindah lintasan, dan pada bulan ini atau bulan depan Kapal Roro KMP Senangin akan tetap berlayar di wilayah Kabupaten Lingga, dan akan sangat membantu masyarakat di Kabupaten Lingga khususnya,” imbuhnya. (tengku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *