Beranda Kepri Anambas Waspada Penting Meskipun Cuaca Normal

Waspada Penting Meskipun Cuaca Normal

176
0
Kepala BMKG Kabupaten Kepulauan Anambas, Sirajul Munir, S. Mat

Ignnews.id,Anambas-Kepala Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kepulauan Anambas, Sirajul Munir, S. Mat mengatakan, kondisi cuaca saat ini masih kategori normal dan hanya tiupan angin saja yang kategori sedang.

“Kewaspadaan itu penting. Saat ini keadaan cuaca berubah-ubah atau panca roba. Kita sudah berikan himbauan kepada pihak-pihak terkait,” ungkap Sirajul Munir kepada Ignnews.id, Jum’at (10/7/2020).

Ia mengataka, saat ini memasuki musim pancaroba yaitu masa peralihan antara musim hujan ke musim kemarau, yang mana kondisi cuaca sering terjadi hujan tiba-tiba disertai angin kencang.

Baca Juga:  Masyarakat Perbatasan Gembira Dapat Paket Sembako

“Gelombang masih tergolong normal atau rendah berkisar dari 1,25-2,5 sedangkan angin di perkirakan bertiup dari arah selatan dengan kecepatan angin 25-30 knot,” jelas dia.

Secara umum kondisi cuaca untuk wilayah KKA, Jum’at (10/7/2020) diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Suhu udara diperkirakan berkisar antara 24-31°C.

“Masyarakat diharapakan untuk waspada potensi hujan dengan intensitas sedang di sertai petir dan angin kencang dalam waktu singkat,” ucap dia.

Kata dia lagi, pihaknya sudah menyampaikan kepada stakeholder instansi terkait seperti Syahbandar agar dapat memberikan informasi kepada pemilik kapal yang akan berlayar untuk dapat lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan meski untuk wilayah Anambas masih dalam kategori sedang.

Baca Juga:  Pimpinan DPRD Masih 'Bungkam' Terkait Calon Sekwan

“Kita tetap menghimbau sesuai adanya peringatan dini gelombang tinggi meski dalam kategori nya untuk wilayah kita masih sedang 1.25-2.5 m, tapi ini bukan perkiraan yang pasti ini hanya perkiraan bisa lebih rendah atau lebih tinggi,” tuturnya. (Julina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here